Berikut beberapa hal yang wajib dilakukan saat berwisata ke Jerman. MengunjungiRomer(Frankfurt). Romer adalah semacamalun-aluntempat rumah khas Jerman dipertahankan untuktujuanwisata. Di sini ada kantor informasi turis dan tokosuvenir.Kalau berjalan kaki ke selatan Romer, Anda bisamenemukanSungai Main dan naikcruisemengelilinginya.Kalau keutara, Anda akan sampai di area Zeil ShoppingPlace,tempat butik ternama Eropa dan mal berada.

Memasanggembok cinta di jembatan Sungai Main (Frankfurt)

Tren memasang gembok cinta bukan hanyaadadi Asia, tapi juga di Eropa bahkan Amerika. Frankfurtsalah satunya.Kalau berjalan menyeberangi Sungai Mainkederetan museum diseberangnya,Anda akan melewati jembatan yangpenuhgembok yang sudah ditulisi nama dan kata-kata cinta.

Berfoto di ikon lambang “euro”

Satu lokasi berfoto terbaik di Eropa ada di Frankfurt, yaitudi depanlogo matauangEuro. Letaknya di depan gedung European Central Bank.Kaiserstrasse dekat halte trem Willy-Brand-Platz.

Berkunjungke museum mobil

Mercedes-Benz dan BMW Museum di Munich, Porsche di Stuttgart, dan Audi diIngolstadt.Kalau sedang berada di Jerman, jangan sampai tidak berkunjung ke salah satu museum ini. Traveler bisa melewatkan museum seni, museum sejarah, atau museum nasional, tapi jangan museum mobil karena mobil mewah Eropa berasal dari Jerman. Saya tidak terlalu suka mobil, tapi berada di museum-museum mobil di Jerman dan melihat mobil dari yang antik sampai yang paling modern cukup membuat saya bertahan tiga jam di masing-masing tempat. Apalagi adamuseumshop,tempat saya bisa membeli pernak- pernik asli dari merek-merek ternama itu, yang membuat saya makin betah.

Melihat Marienplatz (Munich)

Marienplatz atau Mary’s Square adalah alun-alun di pusat kota Munich yang ditandai dengan patung Bunda Maria berwarna emas di atas pilar dan Rathaus-Glockenspiel. Glockenspiel adalah sema­cam lonceng dengan boneka-boneka yang bisa berdansa mengikuti alunan lagu. Setiap pukul 11 pagi, 12 siang, dan 5 sore Glockenspiel di Marienplatz ini berbunyi dan menjadi tontonan menarik bagi pengunjung.

Mengikuti kemeriahan Oktoberfest(Munich)

Oktoberfest adalah tradisi tahunan ala Bavaria yang sudah berlang­sung sejak tahun 1810 dan dipertahankan sampai sekarang. Festival ini bukan sekadar festival minum bir, tapi pesta ini juga menyajikan acara kostum tradisional, berjualan kue dan bergembira dengan nyanyian-nyanyian.

Baca Juga:  Melihat Indahnya Festival Cahaya di Berlin

Menikmatisuasana Christmas Market

Tradisi lain diJerman adalahpasar Natal yang diadakan dua minggu se­belum 25 Desember. Pasar ini bisa kita temukan di hampirseluruhkota di Jerman, tapi yang paling bagus ada di Berlin, Rothenberg, Nuremberg, Cologne, dan Frankfurt. Walaupun Traveler tidak merayakan Natal, berjalan-jalan di Christmas Market serasa berada di negeri dongeng, dan tentunya merupakan objek foto yang cantik.

Berfoto di Katedral Koln (Koln Cathedral)

Gereja ini ber­arsitektur gotik, dengan dua menara setinggi 150 meter. Dengan lokasi yang strategis di dekat stasiun kereta, gereja ini menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh turisdi Cologne.

Berkunjung ke 4711 House(Cologne)

Traveler mungkin bingung apa itu rumah 4711. Nah, coba ingat-ingat, di mana Anda pernah membaca angka-angka itu. Ya, 4711 adalah merek parfum zaman dulu yang berasal dari Cologne. Di rumah iniAndabisa “mencuci tangan” dengan air parfumdiwastafelnyadan berbelanjaproduk 4711.

Berkunjungke Fragrance Museum(Cologne)

Masih berhubungandenganwewangian, Fragrance Museum Farina-House yang merupakan perusahaan parfum tertuadiduniaini sangatkeren daninformatif.Ini adalah tempat tabirnya parfum dan asal-usul minyak wangi yang disebut “Eau de Cologne”.

Melewati Romantic Road

Romantic Road adalah rute perjalanan Wurzburg-Fussen sepanjang 350 kilometer. Di sepanjang rute ini terdapat sejumlah kota kecil dan tempat wisata yang bisa Anda singgahi. Dari puluhan tempat wisata di situ, saya paling suka Rothenburg ob der Tauber dan Fussen. Cara paling tepat untuk menikmatiRomanticRoad adalah menggunakan bus dari Frankfurtatau Munich.Berkunjung ke Rothenburgob der Tauber.Rothenburgadalah kota kecil abad pertengahan yang ada dijalurRomantic Road. Sampai sekarangsayaselalu ingin kembali saking cantiknya tempat itu. Kondisi kota itu tidak berubah sejak tahun 1400, jadi bisa dibayangkan betapa tua rumah dan gedung di situ. Pusatkotadibentengi dinding batu atau Town Wall, yang sekarang menjadi objek wisata. Pengunjung bebas menaiki dinding serupa banteng itu dan berjalan mengelilinginya.

Baca Juga:  Transportasi antarkota di Jerman: Lewat darat atau udara

Mengikuti Night WatchmanTour (Rothenburg)

Kegiatan paling menarik di kota ini adalah jalan kaki keliling pusat kota pada malam hari, ditemani pria besar berjubah hitam yang menamakan diri”nightwatchman” alias penjaga malam. Seru dan sedikit menyeramkan,ditambahsuasana kota kuno yang gelap dan penuh misteri, Night Watchman Tour ini selalu diminati turis yang penasaran dengan cerita Rothenburg pada waktu malam.

Berkunjung ke The MedievalCrime Museum(Rothen­burg)

Museum ini juga menyeramkan karenamenampilkanalat-alat untuk membunuhataumenyiksa orang. Ada dua alat yang menurut saya menyeramkan. Salah satunya Iron Maiden, semacam peti besi berbentukbadanorang yang dipasangi paku dan digunakan untuk menghukum orang dengan memasukan orang tersebut ke peti itu lalu menutupnya. Satu lagi yang paling menyeramkan adalah “rosario”. alat untuk berdoa bagi umat Katolik pada abad pertengahan dibuat khusus untuk menghukum umat yang tidak ke gereja atau tertidur di gereja.

Naik ke Neuschwanstein Castle (Fussen)

Neuschwanstein Castle disebut-sebut merupakan kastil inspirasi berbagai film produksi Disney. Kalau dipikir-pikir betul juga, kastil di puncak bukit ini memang seperti kastil negeri dongeng, yang kalau tidak lihat langsung pasti Anda tidak percaya kastil itu benar-benar ada. Fussen berada di Jerman bagian selatan, sekitar tiga jam dengan bus atau kereta dari Munich. Menaiki anak tangga menuju kastil ini mungkin sedikit sulit bagi yang tidak terbiasa, jadi pastikan Anda menggunakan sepatu yang nyaman, dan jika memungkinkan hindari bepergian saat musim dingin.

Naik cruise sambil melihat kastil-kastil di sepanjang Sungai Rhine

Sungai Rhine atau Rhein adalah salah satu sungai terpanjang di Eropa yang melewati Swiss, Jerman, dan Belanda. Di Jerman, ini merupakan sungai terpanjang yang melintas dari selatan hingga utara, tapi rute favorit turis adalah Rudesheim-Koblenz. Jalur itu merupakan jalur umum kapal wisata karena ada kastil-kastil populer dan borelei Rock yang menyimpan legenda “batu bernyanyi” di Sungai Rhine.

Baca Juga:  Berbagai jenis transportasi umum di kota Berlin - Jerman

Mengunjungi Rudesheimam Rheim

Rudesheim adalahkotakecil di pinggirSungai Rhine yang terkenal denganPerkebunan dan produksianggur. Pengunjung biasanya Menyinggahinya sebelum atau sesudah menaikicruisedi Sungai Rhine.Meskipun hanya sebagai rumah singgah, Rudesheim dikemasmenarik dan masih mempertahankan suasana khas Jerman, mirip Rothenburg tapi tanpaTown Wall. Kalau waktu transit sebelum naikcruisecukup lama, Traveler bisa mampir toko Kathe Wohlfahrt yang menjual pernak-pernik Natal sepanjang tahun. Di tempat ini pengunjung akan bisa merasakan Natal pada bulan Juni.

Berkunjung ke Berlin Wall Memorial

Lokasinya diBernauer Strasse, terdiri dari sisa tembok Berlin, gereja, Visitor and Documentation Centre, Window of Remem- brance, dan pameran di Ghost Station yang sempat lama tidak digunakan karena berada tepat di perbatasan. Biasanya perasaan jadi campur aduk; sedih karena begitu banyak korban berjatuhan karena tembok ini, dan senang karena akhirnya kedua negara bersatu pada tahun 1990. Berlin Wall Memorial didirikan untuk mengenang mereka yang mengorbankan nyawa pada masa itu, sekaligus sebagai peringatan agar peristiwa seperti itu tak terjadi lagi, dalam bentuk apa pun.

Berfoto di Brandenburg Gate(Berlin)

brandenburger_tor_berlin

Gerbang Brandenburg adalah salah satulandmarkBerlin dan Jerman, saksi sejarah beberapa peristiwa penting di Jerman,termasukperiode tembok Berlin dan “GermanReunification“.Brandenburg Gate ditetapkan sebagaimonumen nasionalyang sekarang digunakan sebagaiobjek wisata,meeting point,dan lokasi acara-acara tahunan.

Mengunjungi museum diMuseumIsland (Berlin)

Kumpulan museumini berada diarea yang dibatasi kanal, sehingga berbentukmirip pulau. Olehkarena  pulau museum.Ada lima museumyang berada di pulau kecil ini, salah satunya Pergamon Museum yang sangat terkenal. Di museum ini terdapat Pegamon Altar yang luar biasa dan Ishtar Gate yang berasal dari zamanBabylonia.Terlepas dari lokasinya yang unik, PergamonMuseumadalah salah satu museum di dunia yang harusdikunjungi,seperti Louvre di Paris.