Pasar tradisional di Bangkok menawarkan pengalaman belanja yang menarik meskipun tidak senyaman mal berpendingin ruangan. Di tempat seperti inilah Traveler bisa mendapatkan barang-barang dengan harga bersaing. Mengunjungi pasar juga membuat Traveler bisa melihat kehidupan lokal lebih dekat selain kesempatan untuk mencicipi jenis makanan yang tidak akan Traveler temui di sebagaian besar mal atau restoran. Dari semua pasar di Bangkok, ada beberapa yang harus Traveler kunjungi salah satunya Chatuchak Weekend Market. Sesuai namanya, tempat ini hanya buka di akhir pekan, yaitu sabtu dan minggu pada pukul 9:00-18:00. Chatuchak Weekend Market merupakan pasar terbesar di Thailand dan terbesar se-Asia Tenggara bahkan di dunia.

Suasana Pasar Chatuchak
Suasana pasar chatuchak

Pasar seluas 11 hektare dan terbagi menjadi 27 area ini hanya buka seluruhnya pda hari Sabtu dan Minggu. Sebenarnya hari Rabu dan Kamis pun buka, tapi hanya area penjualan bunga dan tanaman, sementara hari jumat dipakai untuk penjualan wholesale. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata wajib kunjung karena Traveler bisa menemukan barang apa saja yang ingin Traveler lihat di Thailand. Ribuan kios yang berderet-deret menewarkan segala macam, mulai baju, tas, sepatu, aksesoris, kerajingan tangan, keramik, perabot, rumah, lukisan, tanaman, binatang peliharaan, buku, barang natik, dan barang bekas. Harga yang ditawarkan pun bisa dibilang sangat bersaing.

pasar chatuchak di bangkok

Mengelilingi tempat seluas Chatuchak Weekend Market, tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit, Traveler memerlukan setidaknya setengah hari untuk mengelilingi setiap area yang ada. Peta area Chatuchak juga tersedia, tetapi cara paling menyenangkan adalah menyesatkan diri di dalam area pasar itu sendiri. Bila benar-benar tersesat, Traveler bisa mengambil tugu Clock Tower yang bisa dilihat dari jauh sebagai patokan arah. Bila lapar, Chatuchak juga menawarkan berbagai jenis makanan yang menyebar di beberapa titik perbelanjaan. Deretan makanan kaki lima bahkan bisa dilihat mulai dari pinggiran Chatuchak Park ketika turun dari MRT.

Baca Juga:  Bangkok, kota yang penuh cita rasa

Chatuhak adalah tempat yang paling menyenangkan untuk berbelanja karena harga barang di sini jauh lebih murah daripada tempat-tempat lain di Bangkok (seperti MBK, Pratunam, dan sebagainya). Tawar-menawar di pasar ini adalah suatu keharusan. Meskipun demikian, harga yang ditawarkan mungkin hanya bisa turun 10-25% dari harga semula. Sebenarnya, harga yang ditawarkan pertama kali saja sudah termasuk murah mengingat persaingan yang ketat di tempat sebesar ini. Setiap bagian dari pasar ini diberi nomor dan menjual barang dagangan tertentu.

Di Chatuchak juga terdapat beberapa minuman dan makanan khas Thailand. Terdapat banyak sekali variasi makanan dan minuman yang bisa dicoba. Selain toko-toko yang berjejear, terlihat keunikan para penjual menawarkan barang dagangannya dengan meneriakkan barang dagangan, membuat bunyi-bunyian aneh, memainkan alat musik, atau bahkan mengunakan pakaian tradisional.

Waktu terbaik untuk datang ke Chatuchak adalah pada pagi hari ketika pasar belum terlalu dipadati orang. Jam sembilan pagi mungkin waktu yang pas, karena bila datang terlalu pagi biasanya banyak gerai yang belum buka.

TIPS BERBELANJA:

  1. Waspada terhadap dompet dan barang bawaan.
  2. Bandingkan harga barang yang ingin dibeli ke beberapa tempat.
  3. Jangan lupa menawar harga.
  4. Membawa denah Chatuchak Weekend Market akan membantu dalam berbelanja.
  5. Disarankan datang pada hari saat toko baru buka, atau sore setelah jam 14.00 karena panasnya Chatuchak di siang hari (terutama bulan April dan Mei) dengan suhu yang sama dengan Jakarta, ditambah banyaknya orang dan jalan-jalan yang sempit, akan membuat tidak nyaman.
  6. Sejak Juni 2008, di Chatuchak telah diberlakukan aturan larangan merokok di dalam pasar. Pelanggaran akan dikenai denda 2000 baht.