Apakah Traveller pernah menonton film yang bertemahkan perang yang membuat semua orang bersembunyi di sebuah tempat persembunyian bawah tanah dan di jadikan seperti sebuah kota?  Situasi yang sangat misterius dan memikat yang akan Traveller dapatkan jika berkunjung ke salah satu kota Kuno di Turki.

Derinkuyu adalah sebuah distrik yang terletak di Provinsi Nevsehir, tepatnya di antara Nevsehir dan Nigde, dan 50 km ke arah utara dari Nidge. Jika Traveller adalah seorang klaustrofobia, maka Traveller disarankan untuk tidak masuk ke dalam kota bawah tanah seluas 4,5 km2 ini.

Derinkuyu underground city

Kompleks kota bawah tanah ini tertata dengan baik dan memiliki berbagai fungsi publik tertentu, seperti galeri, ruang tinggal, kakus, ruang pertemuan, dapur umum, kapel, penjara, gudang senjata, lorong akses, sumur, serta cerobong udara khusus yang berguna saat komunitas mengadakan penggalian untuk waktu yang lama. Diperkirakan terdapat ruang sekolah pula, yang bentuknya berupa gundukan tanah memanjang yang dikelilingi parit-parit; sedangkan kandang ternak letaknya selalu berada pada tingkat-tingkat teratas dari kompleks tersebut.

Setelah menuruni anak tangga, Traveller akan sampai di delapan tingkat bawah permukaan tanah dengan kedalaman 55 meter. Ruangan paling unik di dalam sana adalah sebuah gereja, karena ruangannya berbentuk salib. Sungguh hebat arsitek kota bawah tanah kala itu. Di sisi lain, tempat yang terlihat paing menyeramkan adalah sebuah sumur yang entah berapa dalamnya tapi yang pasti tak terlihat dasarnya.

Baca Juga:  Lezatnya Jajanan Khas Turki Yang Wajib Dicoba

Terdapat delapan tingkat yang dibuka untuk umum, dengan 204 jumlah anak tangga yang dapat dituruni dari tingkat teratas hingga terdalam pada kompleks tersebut.Terdapat 18-20 tingkat yang lebih dalam lagi yang tidak dibuka untuk umum. Walaupun demikian, diperkirakan masih banyak lagi bagian tersembunyi kota tersebut yang belum dieksplorasi. Tempat ini akan terasa segar, sejuk tapi sedikit seram, karena penerangannya memang minimalis. Jika terjadi bencana atau perang, Derinkuyu sepertinya akan tetap aman asalkan ada persediaan bahan makanan yang melimpah.

Derinkuyu secara tak sengaja ditemukan pada 1963 ketika seorang penduduk Capadocia yang sedang memperluas gua tempat tinggalnya, secarah tidak sengajah memecahkan sebuah dinding dan menemukan sebuah ruangan misterius yang terukir pada batu di samping tempat tinggalnya.


Terinspirasikan oleh temuan itu, sang pemilik gua terus menggali sehingga menemukan suatu ruangan-ruangan gua satu demi satu. Temuan itulah yang membuka salah satu dari petualangan arkeologi yang lebih menarik pada abad lalu.

Para arkeolog telah melakukan penyelidikan sepanjang 130 kaki di bawah permukaan, menemukan sebuah hunian mengesankan yang terbuat dari pahatan batu. Tetapi sebagian arkeolog memperkirakan bahwa masih ada lebih banyak lagi penyelidikan karena kedalaman kota tersebut diperkirakan mencapai sekurang-kurangnya 78 meter di dalam tanah.

Kota kuno bawah tanah yang memikat wisatawan dan sangat terkenal ini menawarkan delapan tingkat petualangan bawah tanah, bagi mereka yang ingin berpetulang di kota bawah tanah Derinkuyu, sbenarnya masih ada 10 atau 12 tingkat lainnya lagi yang sekarang ini hanya bisa dimasuki oleh para arkeolog saja dengan alasan penelitian. Total jumlah tingkat dari kota tersebut masih belum diketahui pasti oleh para arkeolog yang meneliti kota kuno tersebut.