Tempat lain yang wajib dikunjungi ketika anda di Cappadocia, adalah Goreme Open Air Museum. Pada dasarnya tempat ini adalah sisa-sisa bangunan gereja yang sekarang ini menjadi museum dan dibuka untuk umum. Goreme Open Air Museum terdapat di sebuah desa bernama Goreme. Goreme merupakan ibu kota kapadokya dan kota ini terletak di antara Nevsehir dan Urgup dan 6km dari Urgup. Peribacalari yang berbeda sangat menarik perhatian bagi siapa saja yang datang ke daerah tersebut.

open-air-museum

Museum terbuka ini juga sering dikenal dengan nama “Goreme Milli Parki” (Teman Nasional Goreme). Pada tanggal 6 Desember 1985, tempat ini ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Ditutupi lava dan abu vulkanik letusan tiga gunung berapi besar di  Erciyes, Hasandag, dan Melendiz jutaan tahun lalu, serta mengalami  empasan cuaca selama puluhan ribu tahun, membuat Cappadocia memiliki struktur tanah yang unik: berbentuk pilar-pilar, gua-gua, bukit-bukit batu yang saling tumpuk, serta bukit berpuncak datar. Selama ribuan tahun, angin dan air hujan mengalir ke lembah, menyebabkan  erosi, kemudian membentuk struktur dan pahatan-pahatan yang dikenal dengan fairy chimney. Ini adalah bongkahan batu tinggi dan bertopi yang bentuknya kerucut atau seperti jamur.

Orang Göreme, yang tinggal di jantung wilayah Kappadokya, menyadari bahwa batuan lunak tersebut dapat dengan mudah diukir maka batuan-batuan tersebut diukur menjadi bentuk rumah, gereja–gereja, biara–biara. Ini lingkungan tempat tinggal kaum Kristen yang menyimpan contoh seni–budaya era Bizantium dari periode pasca-iconoclastic. Selama periode iconoclastic (725-842) dekorasi tempat suci di wilayah ini dibuat sangat minimum. Biasanya symbol–symbol seperti penggambaran salib . Setelah periode ini, gereja-gereja baru digali ke dalam batu dan mereka kaya dihiasi dengan lukisan dinding warna-warni mengenai Jesus/Maria, masih dalam bentuk yang sangat sederhana.

Baca Juga:  Ganti Musim Waktunya Untuk Ganti Karpet di Turki

Di Goreme Open Air Museum, terdapat sebuah bangunan gereja lengkap dengan tempat makan para rahib, biara, ruang kuburan, dapur dan gudang bawah tanah. Dalam biara-biara tersebut, Traveller dapat melihat gereja barasistek abat ke-7 hingga abad ke-12. Ada beberapa gereja / tempat kebaktian di Goreme ini, yaitu: Gereja St. Barbara, Gereja Apple (Elmali Church), Gereja Ular (Yilanli Church), Gereja Gelap (Karanlik Kilise), Gereja Carikli (Sandal), da  Gereja Buckle (Tokali). Masing-masing gereja mempunyai keunikan sendiri, seperti Gereja Gelap (Dark Church) yaitu gereja yang mempunyai design / gambar di dinding yang menceritakan tentang perjamuan malam terakhir nya Yesus, sebelum disalibkan, dan tentang pengkhianatan Yudas terhadap Yesus.

Selain menjelajahinya di daratan, Traveller pun dapat menikmati keindahan formasi peribacalari melalui udara, yaitu dengan menggunakan balon udara. Banyak tur balon udara yang dapat Traveller ikuti, dan tentunya tur tersebut akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengikuti tur balon udara tersebut Traveller harus Reservasi terlebih dahulu