Selain Hagia Sophia dan Masjid Biru, Istanbul, Turki juga masih memiliki satu lagi bangunan khas yang juga menjadi landmark. Bangunan ini juga menjadi tempat wisata terkenal di kota 2 benua ini. Tapi bangunan yang berupa menara ini tidak berada di daratan loh, melainkan mengapung sendirian di tengah laut!

Maiden’s Tower Istanbul

Terletak di sebuah pulau kecil, sekitar 200 meter dari tepi Pantai Salacak, Uskudar, Maiden’s Tower (Leander’s Tower) merupakan salah satu landmark Istanbul. Menara yang menyimpangai legenda romantic namun tragis ini pernah muncul dalam film James Bond, The World is not Enough, dan selalu menjadi latar belakang setiap episode sinetron Turki, Kurtlar Vadisi Pusu.

Menara Maiden merupakan menara pengawas yang terletak di pulau kecil di tengah selat Bophorus. Menara ini sekarang disulap menjadi cafe dan restaurant, karena pemandanganya yang indah banyak pengunjung yang kesana untuk melihat pemandangan selat Bophorus. Pengunjung yang ingin mengunjungi Maiden’s Tower dapat menggunakan kapal cruiser menuju ke tengah selat. Menara ini juga pernah menjadi lokasi syuting beberapa drama turki, seperti Cinta di Musim Cherry yang pernah tayang di Trans TV.

Dibangun pada sekitar tahun 340 SM sebagai tugu peringatan bagi permasiru Raja Athena yang dimakamkan di Pantai Salacak, menara ini juga pernah digunakan sebagai pos pengawas, menara pertahanan, tempat penarikan bea cukai, menara cahaya, bahkan rumah sakit karantina saat penyakit kolera mewabah pada tahun 1830. Pada tahun 1964, menara ini diahlitangankan ke Kementrian Pertahanan dan selanjutnya direnovasi dan didalamnya dibuka restoran yang dikelola oleh swasta.

Baca Juga:  Sejarah kota kuno Efesus (Ephesus) di Turki yang wajib dikunjungi

Maiden’s Tower dibuka sejak tahun 2000 setelah direnovasi dan dikelola oleh swasta. Di dalamnya terdapat restoran dan bar untuk umum, tapi bahkan warga Turki sekalipun sangat jarang datang ke sini untuk menikmati makanan, dikarenakan harga-harganya yang cukup mahal. Yang dijual disini memang bukan soal makanan, melainkan lebih kepada suasananya. Sarapan di restoran Kis Kulezi teresdia dari mulai pukul tersedia mulai dari pukul 09.00-13.00 dan untuk makan siang dimulai dari pukul 12.00 hingga pukul 17.30 dan khusus akhir pekan, makan siang dimulai pukul 14.00. makan malam dimulai dari pukul 20.15 hingga pukul 00.30.

Bagi pengunjung yang akan datang untuk makan malam, tersedia perahu dari Kabatas pada pukul 20.00, 20.45, dan 21.30. yang pasti pemandangan Kiz Kulesi, sekitar Bosporus, dan landmark yang mengelilinginya tampak lebih indah pada malam hari. Keseluruhan menara yang berkapasitas 250 orang juga dapat dipesan untuk acara penikahan, pertunangan atau pesta lainnya.

Restoran di Maiden’s Tower

Setelah di kelola oleh swasta, Maiden’s Tower pun akhirnya di buka pada tahun 2000 setelah renovasi besar-besaran. Di dalam menara Maiden ini terdapat bar dan restoran yang bisa dikunjungi orang umum hingga warga Turki lokasl. Mereka pun sangat senang berkunjung ke menara ini sembari menikmati makanan. Namun, harga menu makanan di restoran ini cukup mahal, jadi siapkan saja kocekmu agar tak kaget setelah tiba disana. Walaupun harganya cukup mahal, namun makanan yang ditawarkan cukup memuaskan apalagi suasana yang ditawarkan. 
Bagi Anda yang ingin menikmati sarapan dengan nuansa berbeda, Anda bisa ke restoran Kis Kulezi. Restoran ini buka dari pukul 9 pagi hingga 1 siang. Restoran ini juga menawarkan berbagai meni khas Turki hingga internasioanl. Di akhir pekan, restoran ini buka hingga pukul 5.30 sore dan siap untuk makan malam buka hingga pukul 12 dini hari.

Baca Juga:  Sejarah Topkapi Palace, Rekomendasi Tempat Wisata Istanbul

Walaupun sudah malam, Bagi Anda yang ingin menyantap makan malam, juga ada perahu dari Kabatas yang terseida hingga pukul 21.30 waktu setempat. Disana, Anda bisa juga menikmati pemandangan Kiz Kudesi dan sekitar Selat Bosphorus yang terkenal. Menara Maiden ini memiliki kapasitas hingga 200-an orang bagi mereka yang ingin memesan menara ini sebagai tempat pernikahan dan pesta lainnya.