Tur Bosporus adalah salah satu cara yang harus Traveller agendakan, apalagi kalau waktu di bertamasya di Turki tidak banyak. Dengan mengikuti tur ini, traveller akan melihat sejumlah lokasi bersejarah yang mewarnai landscape Istanbul di sepanjang Bosporus. Mengunjungi Istanbul tanpa mencoba Bosporus Tour belumlah lengkap. Mengikuti tur Bosporus dari sehirhatlari adalah pilihan yang paling baik, karena jalur pendek dan panjangnya sangat effisien dan maksimal, tidak seperti tur yang diselenggarakan pihak swasta, yang kadang jalur pendeknya bahkan tidak sampai ke jembatan Fatih Sultan Mehmet. Saying, Sehirhatlari hanya dijadwalkan satu kali sehari, sehingga terkadang sulit disesuaikan dengan jadwal kunjungan wisata ke tempat-tempat menarik lainnya.

Menikmati Keindahan Dua Benua di Selat Bosphorus, Turki

Satu kota tetapi dua benua. Di tengah membujurs selat Bosporus, selat yang menghubungkan budaya timur dan barat. Jika kota-kota besar dunia mempunyai sungai pembelah kota, maka kota Istanbul lebih istimewa. Kota istanbul memiliki selat yang memisahkan benua Eropa dan Asia. Selat Bosporus terbentang sepanjang 30 km. Banyak orang mengangap selat Bosporus adalah selat terindah di dunia. Sesingkat apapun kunjungan kita di kota dengan bekas Konstantinopel ini, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati Bosporus.

Untuk dapat menikmati keindahan kota Istanbul, salah satu cara terbaik adalah dengan berlayar membelah Selat Bosphorus. Selain menggunakan kapal cruise sewaan (biasanya tergabung dalam paket tur dari operator travel), tersedia juga kapal untuk wisatawan umum yang tiketnya relatif lebih murah. Kapal tersebut akan berhenti di beberapa titik keberangkatan.

Baca Juga:  Kilas Balik Trojan War di Troia – Canakkale
Foto jembatan Bosporus.
Foto jembatan Bosporus.

Feri yang membawa Traveller menyusuri Bosporus pertama-tama akan menyusuri Bosporus sisi Eropa. Setiap melewati tempat-tempat penting, feri akan memperlambat lajunya dan member kesempatan kepada turis yang ingin mengambil gambar. Setelah selesai menyusuri Bosporus sisi Eropa, Kapal cruise akan berputar haluan. Setelah putar haluan kapal kemudian menyusuri Bosporus sisi Asia, hingga kemudian kembali ke dermaga asal untuk menurunkan penumpang.

Views Foto salah satu kapal cruise dengan latar belakang New Mosque.
Foto salah satu kapal cruise dengan latar belakang New Mosque.

Hembusan angin dingin yang cukup kencang di atas dek cruis tidak akan mematahkan semangat Traveller untuk menikmati dan melihat kecantikan selat Bosporus yang bagaikan lukisan di depan mata. Banyak burung camar terbang melintasi permukaan laut. Sesekali burung-burung berwarna putih itu menukik tajam dan menyelam untuk menangkap ikan di air biru gelap dengan ombak yang cukup besar. Laut di selat Bosporus terlihat bersih, tak ada pun sampah yang mengapung. Salah satu keindahan alam yang menawan!

Foto burung camar di selat Bosporus
Foto burung camar di selat Bosporus

Tempat yang bisa dilihat saat tur bospurus menggunakan cruise

Dalam perjalanan tur ini, anda akan melewati tempat-tempat berikut:

  1. Jembatan Galata, yaitu jembatan yang menymbungkan Eminonu dan Karakoy
  2. Bezm-iAlem Camii yaitu masjid yang merupakan bagian dari istana Dolmabahce, serta menara jam Dolmabahce Palace
  3. Dolmabahce Palace adalah istana menakjubkan dan sangat indah yang bergaya Eropa. Istana Dolmabahce dibangun oleh Sultan Abdulmecit I. Istanah ini adalah istana kesultanan kedua setelah Topkapi Palace.
  4. Ciragan Palace, yang juga pernah menjadi istana Resmi Ottoman.
  5. Ortakoy, masjid mungil nan cantik tempat di bawah jembatan Bosporus.
  6. Arnavutkoy dan vila-vila dari kayu peninggalan Ottoman.
  7. Rumeli Hisar dan Anadolu Hisar, sepasang banteng berseberangan yang terlihat disatukan oelh jembatan Fatih Sultan Mehmet.
  8. Bukit Camlica, bukit tertinggi di Istanbul.
  9. Beylerbeyi Palace, istana tempat menjamu tamu-tamu Negara pada masa Ottoman.
  10. Maiden Tower.
Baca Juga:  Menyaksikan Indahnya Seni Dalam Tarian Sufi Di Kapadokya

TIPS Bosphorus Cruise :

  • Walaupun Bosphorus cruises banyak ditawarkan dan dijual saat di obyek wisata lainnya, akan lebih baik jika untuk tour atau perjalanan mandiri belilah tiket langsung di pelabuhan.
  • Kemungkinaan kapal akan ngetem atau menunggu sampai penumpang penuh, jadi pilihlah kapal yang sudah banyak penumpangnya agar tidak terlalu lama menunggu.
  • Jika anda jalan-jalan ke Turki khususnya Istanbul ingin melihat sunset, pilihlah jadwal keberangkatan kapal sebaik mungkin. Pililah keberangkatan yang mendekati waktu sunset atau pilihlah paket sunset cruise. Disisi lain kekurangan saat sunset cruise yaitu saat sesi foto foto. Pencahayaan saat sore akan sedikit berkurang seiring dengan tenggelamnya matahari, saat berfoto gunakanlah ponsel atau kamera yang memiliki flash.
  • Tempat duduk saat di kapal Bosporus cruise dapat dipilih dengan bebas. Oleh sebab itu ngga ada salahnya sobat saat jalan-jalan ke Istanbul segera memilih dek yang di atas. Dek atas adalah favorit wisatawan karena dengan leluasa bisa melihat pemandangan selat Bosporus.
  • Saat jalan-jalan ke Turki disarankan untuk memperhatikan musim. Jika ingin ke Turki saat di musim dingin maka jangan lupa membawa jaket. Terpaan angin yang kuat dan suhu udara yang dingin bisa mengakibatkan kita bisa terserang flu setelah mengikuti bosphorus cruise ini.
fhandy pandey selat bosporus