Awal tahun 2015 sekarang ini, salah satu Tempat Wisata Di Bandung Selatan yang memiliki pemandangan nan eksotis dan sebagai salah satu kawasan wisata favorit para Fotographer untuk lokasi Pre wedding yaitu Kawah Putih Ciwidey. Ketika Traveler ingin bertamasya bersama keluarga atau teman dan dan berencana liburan di kota Bandung seperti ke salah satu tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey di sebelah seletan Kota Bandung, sebaiknya telah mempersiapkan dengan matang segalah keperluan yang berkaitan dengan rencana liburan Tersebut. Hal penting yang sangat perlu dipersiapkan dengan cermat adalah tempat tinggal atau tempat menginap. Maka Traveler wajib untuk mengetahui lokasi dimana tempat menginap murah di ciwidey, baik itu berupa Hotel di Ciwidey ataupun villa sebagai tempat traveller beristirahat dan bermalam.

Kawah Putih terletak di Rancabali, berjarak sekitar 44 km dari Kota Bandung. Anda akan menjumpai panorama alam yang memikat, air danau berwarna putih kehijauan terlihat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau. Di sebelah utara danau, berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya. Tempat wisata Kawah Putih adalah salah satu yang favorit di Ciwidey, banyak wisatawan ingin menikmati keindahan alam yang ada di sana.

Kawah putih merupakan sebuah danau kawah yang berasal dari hasil letusan gunung Patuha yang terjadi pada abad 10 – 12 atau sekitar tahun 1000 – 1200 Masehi. Kawah putih berada di ketinggian sekitar 2.434 di atas permukaan laut. Kawah putih mempunyai keindahan alam yang sangat indah dan tidak mudah untuk di temukan di daerah lain. Di kawah putih kita bisa melihat pemandangan danau kawah yang terselubung kabut, hamparan pasir putih dengan pemandangan gunung Patuha yang indah. Disana kita bisa melihat sesuatu pemandangan yang sangat menakjubkan karena warna air di danau yang dapat berbuah warna. Apabila matahari bersinar mengenai danau  kawah maka air di danau kawah akan berubah warna menjadi hijau kebiruan. Dan apabila sinar matahari meredup maka warna air di kawah akan berubah menjadi putih kecoklatan. Apabila ingin mengunjungi tempat ini jangan lewatkan untuk mengabadikan keindahan alam ini. Gunakan juga pakaian hangat seperti jaket, sweater karena suhu udara di kawasan kawah putih sangat sejuk dan dingin sekita 8 – 22 derajat celcius.

Baca Juga:  Kuburan unik Desa Trunyan dimana mayatnya tidak dikubur

Tidak tahu dengan alasan apa sehingga banyak orang yang berwisata kembali ke Kawah Putih Gunung Patuha, Ciwidey. Yang jelas dataran tinggi di sebelah selatan Kota Bandung ini sangatlah indah. Begitu banyak inspirasi sudut-sudut gambar lahir dari bidikan kamera di kawah putih yang menurut cerita masyarakat setempat adalah kawasan angker namun berwibawa. Di tempat inilah masyarakat lokal sesekali melihat secara gaib sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur.

Pada abad ke 19, ada seorang pengembara berkebangsaan Belanda bernama Junghun yang datang, penduduk sekitar menyebutnya sebagai tempat dimana awrwah para leluhur bersemayam dimana tidak ada seorangpun yang pergi ke atas tanpa meregang nyawa, sampai-sampai burungpun tidak mau terbang di atasanya. Itu hanyalah legenda dan cerita yang berkembang dari mulut ke mulut oleh masyarakat setempat yang kalau dimintai buktinya pasti hanya bersifat subjektif. Tidak ada bukti yang bisa membuktikan bahwa Kawah Putih Gunung Patuha yang menurut masyarakat setempat adalah berwibawa karena ketinggiannya dan kesunyiannya. Kawah Putih hanyalah objek wisata yang indah dan tidak ada unsur-unsur mistisnya. Di Kawah putih, terdapat makam para leluhur, di antaranya Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom, dan Eyang Jambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru.

Baca Juga:  Tradisi hidup suku baduy di Jawa Barat tanpa moderenisasi

Untuk dapat mencapai Kawasan Kawah Putih, Para wisatawan bisa menggunakan rute perjalanan dengan roda empat dari kota Bandung melalui Jalan Tol Kopo melewati Sayati dan melanjutkan ke Soreang. Dari Soreang perjalanan di lanjutkan ke Ciwidey hingga sampai ke Kawasan Kawah Putih. Sedangkan bagi para wisatawan yang menggunakan angkutan umum, perjalanan bisa menggunakan melalui terminal Leuwi Panjang, Bandung menuju ke Terminal Ciwidey. Dari Terminal Ciwidey bisa menggunakan Angkutan Kota menuju Kawasan Kawah Putih.

Berapa harga tiket masuk ke Kawah Putih Bandung tahun 2015?

Tarif atau harga tiket masuk kawah Putih Bandung pada tahun 2015 mengalami kenaikan sebesar seribu rupiah. Tiket masuk yang sebelumnya 17 ribu per orang sekarang menjadi 18 ribu per orang. Namun untuk jasa angkutan ontang-anting tidak mengalami kenaikan yakni masih sama 15 ribu rupiah untuk Pulang Pergi.

Harga atau tarif terbaru tiket masuk obyek wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung adalah Rp. 18.000,- per orang. Harga tiket ini berlaku hanya untuk wisatawan dalam negeri. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara / Turis Asing (WNA) tarifnya adalah Rp 50.000,- / orang.