Pantai Sawarna salah satu pantai yang berada di selatan pulau Jawa. Pantai berpasir putih yang terjaga kebersihannya dan hamparan karang yang indah. Sunset juga hadir menambah keromantisan pantai ini. Kawasan Pantai Sawarna yang kerap menjadi tempat berselancar antara lain Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje, Pantai Legon Pari, dan Pantai Pulo Manuk. Pantai Sawarna juga memanjakan para surfer, Ombak di pantai ini sering diburu turis internasional dan turis local untuk olahraga surfing sehingga menambah kelengpakapan dalam berwisata atau berlibur Traveler.

Pantai Sawarna merupakan tempat wisata pantai baru di sisi selatan Propinsi Banten. Dan sejak tahun 2000-an mulai banyak pengunjung yang mengunjungi Pantai Sawarna. Nama Pantai Sawarna populer lewat dunia maya dan termasuk obyek wisata baru yang populer di abad ini. Sawarna Beach tepatnya berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Desa yang berbatasan langsung dengan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi – Jawa Barat ini berada sekitar 270 Km dari kota Jakarta dan membutuhkan 7-8 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Dan bisa dibilang, kalian akan membelah Pulau Jawa dari ujung utara hingga selatan jika berkendara ke Sawarna dari Jakarta.

Bagi sebagian orang, mungkin belum mengetahui tentang pantai sawarna atau sawarna beach ini. Sawarna beach memang baru terkenal belum terlalu lama. Pantai sawarna sendiri berada di arah satu jalur dengan arah pantai pulau manuk yang dulu saya ceritakan. Jadi, pantai Sawarna (sawarna beach) juga berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.Jika teman-teman travelers datang dari arah Jakarta jalan-jalan monas, maka jalur yang dilalui akan melewati pantai pulau manuk terlebih dahulu. Barulah jika diteruskan ke arah timur lagi akan sampailah di pantai Sawarna. Akan tetapi, jika teman-teman travelers datang dari arah pelabuan ratu maka ada jalan yang langsung menuju pantai sawarna. Namun, memang akses jalannya kurang bagus, jadi kebanyakan traveler justru memilih menuju bayah terlebih dulu, baru kemudian berbalik arah menuju pulau manuk dan kemudian pantai sawarna. Sepanjang jalan menuju lokasi Pantai Sawarna (Sawarna Beach) Traveler akan disungi dengan pemandangan hutan yang masih alami, dengan kata lain pemandangan selama perjalanan akan disuguhi berbagai macam jenis pohon yang lebat. Hal ini membuat perjalanan Traveler menjadi lebih sejuk, walaupun sebenarnya berada di daerah pesisir. Kondisi jalan yang berliku dan kontur naik turun mengharuskan pengemudi kendaraan berupa mobil maupun motor lebih berhati-hati. Apalagi jalannya terbilang sempit dan terkadang ada lubang yang dapat menjadi pemnghambat.

Baca Juga:  Naik balon udara di Ciwidey, dekat Kawah Putih Bandung

Sebenarnya kawasan sawarna Beach ini dulunya berupa hutan pantai yang dikenal dengan nama Desa Siluman. Kawasan eks desa siluman itu kini bangkit menjadi tujuan wisata yang lebih menarik daripada Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Pantai ini masih berada dalam satu garis pantai dengan Pelabuhan Ratu. Kawasan ini dapat dikatakan sebagai mutiara baru di selatan Banten. Pantai ini memiliki keunikan. Gerbang pantai Sawarna dengan Desa Sawarna dipisahkan oleh aliran sungai dangkal yang cukup lebar. Siapapun yang ingin pergi ke desa tersebut harus melewati jembatan kayu gantung.  Tentu in imenjadi pengalaman unik dan menantang layaknya sedang mengikuti outbound.

Pantai sawarna memiliki garis pantai yang panjang dengan berbagai macam bentuk pantai. Karakteristik pantai sawarna yaitu, ada pantai dengan pasir putih landai dengan ombak khas pantai selatan jawa yang besar, ada juga pantai dengan batu karang yang indah dan deburan ombak besar. Kemudian jika perjalanan diteruskan ke arah timur maka akan sampai di pantai tanjung layar. Sebenarnya lebih tepat jika dikatakan tanjung layar saja, karena memang pantainya hampir tidak ada.

Keindahan pantai sawarna sangatlah menarik dengan pasir putihnya dan garis pantai yang panjang , laut yang berwarna biru dan menghampar luas dengan deburan ombak di pinggir pantai yang menarik sehingga menjadi tempat yang sangat seru untuk berlibur bersama keluarga ataupun dengan teman-teman, bisa juga untuk sekedar beselancar ria sambil menikmati keindahanya, bagi pasangan suami istri yang baru menikah anda juga bisa menghabiskan waktu bulan madu anda disana

Baca Juga:  Objek wisata Kawah Putih Ciwidey di Bandung Selatan

Pantai pasir putih sawarna biasanya digunakan sebagai tempat bermain air dan juga olah raga selancar (surfing) terutama bagi turis manca negara. Ini merupakan tempat yang cocok bagi mereka karena memang ombak di sini sangat menantang. Pantai sawarna juga memiliki pantai berbatu karang yang indah. Biasanya di sini merupakan spot bagi para masyarakat sekitar, atau siapa saja yang memiliki hobi memancing. Akan tetapi, siapa pun harus berhati-hati ketika menempati karang, terutama yang berada dekat dengan deburan ombak, karena memang ombak di sini terbilang besar.

Sekarang ini di pantai sawarna telah bermunculan penginapan yang dapat disewa oleh para pelancong yang berniat untuk bermalam atau menghabiskan waktu liburannya lebih lama di sawarna beach. Penginapan ini bervariasi, dari mulai hanya sebuah kamar di rumah warga sekitar hingga rumah yang disewakan full. Penginapan ini biasanya dikelola oleh warga sekitar dan menjadi penghasilan tambahan bagi mereka.

Meskipun cukup terpencil, namun pengunjung tidak perlu khawatir mengenai tempat menginap. Karena ketika tiba di Sawarna Beach Traveler akan menemukan sebuah pintu masuk ke dalam desa yang dihubungkan dengan sebuah jembatan layang, di lokasi inilah terdapat banyak penginapan dengan berbagai macam tipe fasilitas yang dapat kalian gunakan untuk bermalam. Dengan demikian, datang berlibur ke Sawarna Beach akan menjadi semakin nyaman dan praktis bagi wisatawan.

Baca Juga:  Budaya kuno desa dan suku Trunyan di Bali

Luangkan waktu untuk berlibur bersama teman-teman atau keluarga yang Traveler sayangi ke Pantai Sawarna. Traveler akan menemukan nuansa yang sangat berbeda dibanding tempat wisata lainnya. Pantai Sawarna menawarkan keindahan yang sangat alami, pantai berpasir putih, pemandangan air yang jernih serta dihiasi karang – karang yang exotis dan berbukit hijau nan lebat.