Jalanannya dipenuhi tuk-tuk (kendaraan bermotor roda tiga) dan para biksu yang memakai juba oranye berjalan menembus keramaian. Tepi jalan dipenuhi kios makanan yang menjual belalang goreng dan aroma masakan pedas Thailand yang dihembuskan restoran.

Selain itu, Bangkok adalah pusat kegiatan ekonomi Negara Thai. Sungai Chao Phraya berfungsi sebagai sebuah pelabuhan. Bursa Saham Thailand terletak di Bangkok. Industri parawisata merupakan salah satu sumber pendapatan penting di Thailand.

sejarah kota bangkok

Bangkok (bahasa Thailand: กรุงเทพฯ, กรุงเทพมหานคร, atau Krung Thep, Krung Thep Maha Nakhon)( กรุงเทพมหานคร (bantuan·info)) adalah ibu kota dan kota terbesar di Thailand. Kota ini terletak di tepi barat Sungai Chao Phraya, dekat Teluk Thailand.Bangkok adalah salah satu kota dengan perkembangan terpesat, dengan ekonomi yang dinamis dan kemasyarakatan yang progresif di Asia Tenggara.Kota ini sedang berkembang menjadi pusat regional yang dapat menyaingi Singapura dan Hong Kong, namun masih mempunyai masalah dalam sektor infrastruktur dan sosial sebagai akibat perkembangannya yang pesat. Bangkok telah lama menjadi pintu masuk bagi penanam modal asing yang ingin mencari pasar baru di Asia. Kota ini juga mencatat sebagai salah satu kota di dunia dengan laju penambahan konstruksi gedung pencakar langit tercepat. Kaya akan situs-situs budaya membuat Bangkok sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia.Propinsi Bangkok berbatasan dengan enam propinsi lainnya: Nonthaburi, Pathum Thani, Chachoengsao, Samut Prakan, Samut Sakhon dan Nakhon Pathom.

Baca Juga:  Liburan dan wisata sejarah kota kuno Ayutthaya

Sejarah Bangkok.

Dikutip dari Wikipedia, awalnya Bangkok merupakan pusat perdagangan yang berada di bawah pengaruh Ayutthaya, ibu kota Siam. Pada 1567, Ayutthaya jatuh ke tangan Burma sebagai sebuah ibu kota. Pada tahun 1782, King Rama I membangun istanah dan menjadikan Bangkok sebagai ibu kota, yang dinamakan “Krung Thep”. Bangkok merupakan salah satu dari 76 wilayah (changwat) di Thailand. Bangkok didirikan pada tahun 1972. Lambang wilayah Bangkok adalah Dewa Indra yang sedang menunggangi seekor gajah. Di tangannya, Indra memegang halilintar yang digunakan menghalau kemarau.

Beberapa Distrik Terkenal di Bangkok

1. Siam

Daerah ini terkenal dengan pusat belanja kelas atas, banyak shoppong mall bertebaran, seperti Siam Paragon dan MBK.

2. Khaosan

Sering disebut Distrik Banglampu. Distrik ini merupakan pusat backpacker dengan hosterl, guesthouse, café, nightlife, dan aneka macam toko yang menjual segala keperluan turis, mulai dari suvenir, buku bekas, sampai jasa tato. Dekat dengan objek wisata kuil, dan sungai Chao Phraya.

3. Rattanakosin

Daerah ini berdekatan dengan Khaosan, dan dahulu menjadi kota kerajaan lama. Di sini, King Rama I menjadikan pusat kota menjadi seperti suatu pulau. Distrik ini kaya akan mahakarya arsitektur dari saman King Rama V, pada saat budaya barat mulai memengaruhi arsitektur Thai. Itulah sebabnya wilayah ini disebut sebagai Pulau Rattanakosin. Di daerah ini banyak sekali terdapat objek wisata.

Baca Juga:  Distrik Siam, Surga Belanja Di Bangkok

4. Dusit

Merupakan kota kerajaan yang lebih baru. Daerah ini dibangun oleh King Rama V, pada abad ke 20.

5. Yaowarat dan Pharurat.

Di negara manapun, Chinatown merupakan tempat menarik untuk dikunjungi. Selain jajaran toko, tempat menarik seperti: Wat Traimit, Chinatown Museum, Sampeng Lene, Kuil Thao Chalao Ben Duo Gung, Pasar Kain Pahurat, Wat Mangkhon, Kuil China Neng Noi Yee (Bunga Naga),Masjid Luang Kosha Isharle, Kuil Sikh Sri Gurusingh Sabha.

6. Chatuchak

Merupakan Lokasi tempat terselenggaranya Weekend Market Chatuchak, atau sering disebut Chatuchak Market. Pasar ini adalah yang terbesar se-Asia Tenggara dan penggila belanja tidak boleh sampai melewatkannya karena hanya buka setiap Sabtu dan Minggu.

7. Thonburi

Di daerah inilah terletak kuil yang terkenal, yaitu Wat Arun. Jalur Transpotasi antara Dusit, Khaosan, dan Thonburi bisa menggunakan angkutan sungai dari Khaosan ke Thonburi.

8. Phratunam

Pratunam adalah pasar garmen besar dengan ratusan toko fashion yang menjual barang eceran maupun grosir. Daerah ini juga terkenal dengan Baiyoke Tower II dan Victory Monument.

9. Ratchadaphisek

Sejak jalur Metro beroperasi, Ratchadaphisek telah berkembang menjadi pusat hiburan bagi penduduk setempat.

10. Silom

Daerah Silom Road dan Sathorn Road adalah pusat perekonomian Thailand, dan Daerah Patpong terkenal sebagai pusat kehidupan malam.

11. Sukhumvit

Sepanjang Sukhumvid Road adalah distrik populer di kalangan ekspatriat dan penduduk lokal kelas atas. Daerah ini terkenal dengan hotel, restauran, dan klub malamnya. Selain itu, wilayah ini juga terkenal dengan kehidupan malamnya, yaitu di Soi Cowboy dan Nana Entertainment Plaza.

12. Ramkhamhaeng

Ramkhamhaeng merupakan daerah pemukiman dengan pusat perbelanjaan besar dan taman hiburan seperti Safari WorldHua Mak dan Bang Kapi terkenal sebagai daerah pendidikan dengan banyak universitas.

Baca Juga:  Wisata kota Bangkok, Pesona Buddha - The Grand Palace Bangkok

Bangkok dianggap sebagai salah satu lokasi pelancongan favorit dunia dan sekarang adalah yang teratas di Asia – ketiga di dunia berdasarkan majalah Travel. Bangkok adalah pintu masuk turis ke Thailand. Diperkirakan sekitar 15 juta wisatawan mancanegara datang ke Bangkok setiap tahunnya. Kota ini mengandalkan beberapa tempat-tempat bersejarah paling banyak dikunjungi di Thailand seperti Istana Raja, Wat Pho dan Wat Arun. Ada banyak proyek untuk menjaga lokasi-lokasi bersejarah Bangkok dalam wilayah sekaligus kawasan sungai Rattanakosin.